Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Diskusi di Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP : yaitu siklus I 86,11 % dan meningkat siklus II 94,44 % . b) Aktivitas guru siklus 1 84,72 % (Baik) dan meningkat siklus II 94,44 %. c) Hasil belajar siswa siklus 1 79,55 % dan meningkat siklus II 90,91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.