Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas. Hal ini didasari oleh pemahaman guru yang masih kurang dalam menerapkan pendekatan sehingga dalam pembelajaran siswa menjadi pasif dan hanya bertumpu pada guru sebagai pusatnya. Artinya guru tidak mengarahkan siswa pada pengalaman langsung. Dengan pendekatan ini membantu guru membuat pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa sehingga dapat membantu memunculkan keaktifan siswa dalam belajar dan siswa dapat belajar dari pengalaman langsungnya dan lebih dekat dengan lingkungannya yang lebih nyata. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Analisis isi merupakan media penelitian yang didasarkan pada hasil pencarian berbagai sumber jurnal, buku, dan sumber lain yang sesuai dengan penggunaan pendekatan saintifik dan pembelajaran tematik terintegrasi yang kemudian dianalisis oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik terpadu yang menggunakan pendekatan saintifik efektif digunakan dalam pembelajaran dan membantu guru mengembangkan potensi siswa serta menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik yang tepat untuk pembelajaran yang dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.