Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative LearningTipe NHT di Kelas IV Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV UPTD SD Negeri 02Maek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1)Aspek  RPP mengalami peningkatan dari 72,22% (C) dan 83,33% (B) pada siklus I menjadi  94,44% (SB) pada siklus II. (2) Pada aspek guru meningkat dari 75% (C) dan 87,5% (B) siklus I menjadi 96,87% (SB) pada siklus II. (3) Pada aspek peserta didik meningkat dari 75% (B) dan 90,63% (SB) siklus I menjadi 96,87% (SB) pada siklus II. (4) Pada hasil belajar peserta didik meningkat dari 62,33% (C) dan 75,25% (B) siklus I menjadi 85,75% (SB) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.