Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prosedur Administrasi di SMK Batik 2 Surakarta

Abstract

Motivasi belajar siswa di dalam proses belajar mengajar termasuk dari salah satu keberhasilan didalam pembelajaran, dimana ketika semangat siswa untuk belajar didalam kelas tinggi maka siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan, akan tetapi permasalahannya tidak semua siswa memiliki motivasi belajar yang baik, maka juga semakin sulit untuk guru bisa memahamkan materi yang disampaikan kepada siswa yang tidak memiliki motivasi belajar, maka permasalahan inilah untuk segera dicarikan solusinya. Permasalahan tersebut juga terjadi di SMK Batik 2 Surakarta kelas XI AP 1 pada pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Untuk mendapatkan data penelitian, peneliti menggunakan cara wawancara, angket, observasi, dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi secara optimal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI AP 1 SMK Batik 2 Surakarta. Hasil dari observasi menunjukkan rata-rata indikator motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi pada siklus I adalah 69,31% dan pada siklus II adalah 87,87%. Dari siklus I ke siklus II meningkat 18,56%. Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas XI AP 1 SMK Batik 2 Surakarta