Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh strategi pengorganisasian isi pembelajaran dan gaya kognitif spasial terhadap hasil belajar siswa pada materi Ikatan Kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Islamic School Jakarta dan SMA PB Sudirman Jakarta. Sampel sebanyak 56 siswa untuk menentukan gaya kognitif spasial kemudian dibagi menjadi gaya kognitif spasial tinggi dan gaya kognitif spasial rendah. Dalam uji persayaratan analisis meliputi Uji Normalitas dengan Uji Liliefors dan Homogenitas dengan Uji Bartlett;untuk uji hipotesis digunakan analisis varians dua jalur (2x2). Hasil belajar siswa lebih meningkat menggunakan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Component Display Theory Merrill dibandingkan dengan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Pembentukan Konsep; (1) gaya kognitif spasial merupakan salah satu karakteristik siswa yang berpengaruh terhadap tingkat pencapaian hasil belajar Ikatan Kimia; (2)Siswa yang memiliki Gaya Kognitif Spasial Tinggi memberikan hasil belajar Ikatan Kimia yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki Gaya Kognitif Spasial Rendah; (3)terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif spasial siswa. Bagi siswa yang memiliki Gaya Kognitif Spasial Rendah, penerapan Strategi Pembelajaran CDT Merrill lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ikatan Kimia, dibandingkan dengan Strategi Pembelajaran PK Taba; (4) bagi siswa yang memiliki Gaya Kognitif Spasial Tinggi, kedua strategi pembelajaran dapat diterapkan, karena memberikan hasil belajar yang sama baiknya. AbstractThis study aims to determine the effect of the strategy of organizing learning content and spatial cognitive style on student learning outcomes in the Chemical Bonding material. This research was conducted at the Global Islamic School Jakarta High School and PB Sudirman High School Jakarta. A sample of 56 students to determine spatial cognitive style was then divided into a high spatial cognitive style and low spatial cognitive style. In the analysis requirements test includes the Normality Test with Liliefors Test and Homogeneity with the Bartlett Test, for the hypothesis test used two-way variance analysis (2x2). Student learning outcomes are further improved using the Organizational Component Display Theory Merrill Model Organizational Learning Strategy compared to the Organizing Strategy for Concept Formation Learning Model; (1) spatial cognitive style is one of the characteristics of students that influence the level of achievement of Chemistry Bond learning outcomes; (2) Students who have High Spatial Cognitive Style give better Chemical Bond learning outcomes compared to students who have Low Spatial Cognitive Style; (3) there is an interaction between learning strategies and students' spatial cognitive styles. For students who have a Low Spatial Cognitive Style, the application of the Merrill CDT Learning Strategy is more effective in improving the learning outcomes of Chemical Bonds, compared to the PK Taba Learning Strategy; (4) for students who have a High Spatial Cognitive Style, both learning strategies can be applied, because they provide equally good learning outcomes.