Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Bengkel Kata di Taman Kanak-kanak Smart Kids Padang Panjang

Authors

  • Nurhazizah Nurhazizah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rismareni Pransiska Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Saridewi Saridewi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.34

Keywords:

kemampuan membaca, bengkel kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan bengkel kata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas B taman kanak — kanak Smart Kids Padang   Panjang sebanyak 15 anak, 7 orang laki — laki dan 8 orang anak perempuan pada semester   II Thaun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan pada tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada siklus I pertemuan ketiga perkembangan kemampuan membaca anak mendapatakan nilai rata — rata sebesar 49% setelah dilakukan perbaikan pada  siklus II pertemuan ketiga kemampuan anak meningkat dengan nilai rata — rata 85%   yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Disimpulkan permainan bengkel kata dapat    meningkatkan kemampuan membaca anak

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Depdiknas. 2003. Undang — Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakrata : Rineka Cipta.

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Jogyakarta: DIVA press.

Montolalu, B.E.F dkk. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurbiana, Dhieni. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Patmodewo. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Pransiska, Rismareni. 2018. Kajian Program Bilingual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Vol 10 No. 2 ( diunduh tanggal 20 Juli 2019 dalam http: //journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi)

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suyadi. 2013. Bandung. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yulsyofriend. 2013. Permainan Membaca Dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Nurhazizah, N., Pransiska, R., & Saridewi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Bengkel Kata di Taman Kanak-kanak Smart Kids Padang Panjang. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.34

Issue

Section

Research Articles

Citation Check