Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Bengkel Kata di Taman Kanak-kanak Smart Kids Padang Panjang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan bengkel kata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas B taman kanak – kanak Smart Kids Padang  Panjang sebanyak 15 anak, 7 orang laki – laki dan 8 orang anak perempuan pada semester  II Thaun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan pada tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada siklus I pertemuan ketiga perkembangan kemampuan membaca anak mendapatakan nilai rata – rata sebesar 49% setelah dilakukan perbaikan pada  siklus II pertemuan ketiga kemampuan anak meningkat dengan nilai rata – rata 85%  yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Disimpulkan permainan bengkel kata dapat   meningkatkan kemampuan membaca anak.