PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII DI SMP PTI PALEMBANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan penalaran siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP PTI Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain posttest only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh  siswa kelas VII yang ada di SMP PTI Palembang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 48 siswa. Dari populasi tersebut diambil dua sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VII.1 dengan jumlah 24 siswa sebagai kontrol dan kelas VII.2 berjumlah 24 siswa sebagai kelas ekperimen. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan open ended dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi segitiga dan segi empat dengan subbab persegi dan persegi panjang. Pada pertemuan keempat, kedua kelas diberikan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan kemampuan penalaran siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan open ended didapat