PROFIL PENGETAHUAN PEDAGOGIK KONTEN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI

Abstract

Faktor penting yang mendukung reformasi pendidikan adalah pelatihan guru dan pendidikan guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK). Untuk itu pengembangan kualitas pendidikan di LPTK melalui penelitian merupakan satu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level pengetahuan pedagogik konten mahasiswa calon guru.Subjek penelitian pada penelitian ini adalah dua mahasiswa calon guru angkatan 2013 program studi Pendidikan Matematika.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan catatan lapangan (fieldnotes).Kegiatan observasi dilakukan dengan mengamati video simulasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru menggunakan instrumen penilaian guru. Pembuatan catatan lapangan (fieldnotes) dilakukan untuk melengkapi data proses pembelajaran yang didapat dari video simulasi pembelajaran.Karena penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, maka instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen penilaian guru.Berdasarkan hasil analisis data didapat kesimpulan bahwa level PCK kedua mahasiswa calon guru yang berada pada level 1. Hal ini mengindikasikan bahwa level PCK mahasiswa calon guru masih harus terus dikembangkan melalui kegiatan perkuliahan dan praktik pengalaman lapangan