UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 5 PEMULUTAN

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model Missouri Mathematics Project (MMP) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII  di SMPN 5 Pemulutan dengan materi pokok Kubus dan Balok yang diukur melalui tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Tes dilakukan untuk mengukur tingkat ketuntasan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan Model MMP. Dari hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar pada siklus I yaitu sebesar 55,88%, sedangkan persentase hasil belajar pada siklus II sebesar 76,47%. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 20,59%. Hal ini mengindikasikan bahwa model Missouri Mathemattics Project (MMP) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pemulutan