PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI LOGIKA MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK SISWA SMA KELAS X

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar materi logika matematika dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia pada materi logika matematika untuk siswa SMA kelas X yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development  (R and D). Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas X.1 SMA Islam Al Falah Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan dan observasi. Bahan ajar matematika tersebut divalidasi oleh dua ahli materi dan ahli desain media pembelajaran dengan nilai baik. Kemudian dilakukan ujicoba produk terbatas, meminta tanggapan pada 5 orang siswa non subjek dan 2 orang guru matematika. Selanjutnya bahan ajar matematika tersebut diujicoba pemakaian pada siswa kelas X.1 di SMA Islam Al Falah Kota Jambi. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap tes akhir lembar penilaian kognitif (post test), diperoleh 72,72% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu sebanyak 29 dari 33 siswa. Dan hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran rerata penilaian afektif siswa adalah 74,65 % dengan kategori ”baik” dan rerata hasil penilaian psikomotorik adalah 74, 81 % dengan kategori ”baik”. Hal ini berarti bahan ajar matematika yang dibuat telah sesuai dan efektif untuk pembelajaran matematika.