PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Transformasi Geometri yang valid, praktis dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan terdiri dari tahap preminary (persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur Formative Evaluation (expert reviews, one-to-one, small group dan field test). Subjek ujicoba dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Lahat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Transformasi Geometri valid, praktis, efektif. Tahap expert reviews didapatkan hasil LKPD valid dengan skor kevalidan 4,07. Tahap one-to-one dan small group didapatkan LKPD praktis dengan skor kepraktisan 3,87 dan 4,20. Keefektifan dilihat dari hasil pengerjaan LKPD dan post-test. Dari hasil pengerjaan  LKPD diperoleh nilai semua peserta didik pesera didik diatas KKM > 60 dan hasil post-test  diperoleh rata-rata nilai peserta didik 73,71 yang termasuk kategori baik dan diatas nilai KKM > 60