MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui manajemen pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan cara penafsiran deskriptif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs. Ar-Rosyidiyah Kota Bandung mendukung pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dengan merencanakan program kualifikasi pendidikan pendidik, program sertifikasi, program pemberdayaan MGMP, program pengembangan keprofesian berkelanjutan, program supervisi pendidikan, IHT (In House Training), seminar, workshop, USAID, rapat guru, Lesson Study. Program-program tersebut terlaksana secara efektif dan efisien hal ini terbukti dengan hasil pengembangan profesionalisme guru MTs. Ar-Rosyidiyah yaitu dengan diraihnya sejumlah prestasi oleh pendidik, peserta didik, dan lembaga MTs. Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.