Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks di SMA Negeri 1 Sibabangun

  • Endang Sri Rejeki FP MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Abstrak

                Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks di SMA Negeri 1 Sibabangun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS-2 SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, angket dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan adanya peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket model pembelajaran kooperatif tipe pair checks, dimana pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh masih belum memberikan pengaruh yang signifikan kepada siswa dengan skor rata-rata 72,78 berkategori baik. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dengan skor rata-rata 86,28 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks sudah sangat baik dimana siswa terlihat lebihaktif di kelas XI IIS-2 SMA Negeri 1 Sibabangun.

 

Published
2019-05-23
How to Cite
Rejeki, E. (2019, May 23). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks di SMA Negeri 1 Sibabangun. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 75 - 81. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/925