TASAWUF DAN SENI MUSIK

Authors

  • abdul azis Fakultas Ushuluddin UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v13i1.17

Keywords:

Al-samā’, Musik, Tasawuf, Mukāsyafat

Abstract

Mendengarkan musik berarti membuka diri terhadap suatu pengaruh, kepada suatu vibrasi dari asal usul super human “yang menghasilkan suara” untuk membangkitkan gaung suara dalam diri, dari satu wilayah primordial dan untuk membangkitkan sebuah kerinduan dalam diri untuk bersatu dengan esensinya sendiri. Musik memiliki banyak manfaat bagi kehidupan spiritualitas. Al Ghazali berpendapat bahwa musik dapat menghilangkan tabir hati, serta mampu menggelorakan rasa cinta yang mendalam kepada Ilahi, sehingga mampu mengantarkan seorang sufi kederajat kesempurnaan dan menjadikannya sampai ketingkat yang tertinggi (musyahadah). Artikel ini ingin mendeskripsikan pandangan Al-Ghazali tentang musik kaitannya dengan kehidupan spiritualitas manusia.

References

Abdul Muhaya, Bersufi Melalui Musik, Sebuah Pembelaan Musik Sufi Oleh Ahmad Al-Gazāli, (Yogyakarta: Gama Media, 2003)
Al-Gazāli, Ihya’ ‘Ulum ad-Din, (Libanon: Dar al-Ma’rifah, Juz.II, tt.)
Al-Gazāli, Mutiara Ihya’ ‘Ulum ad-Din, terj. Irwan Kurniawan, (Bandung: Mizan, 2002)
Al-Gazāli, Samudera Pemikiran Al-Gazāli, terj. Kamran As’ad Irsyadi, (Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2002)
Al Ghazali, Kimiya’ al Sa’adah, Dalam Majmu’ah al-Rasa’il, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1988)
Al-Attas, Al-Naquib, Syekh Muhammad, Islam dan Sekularisme,(Bandung: Penerbit Pustaka Salman ITB,1978)
Al-Mukaffi, Abdurahman, Raport Merah AA GYM, MQ Dipenjara Tasawuf, (Jakarta: Darul Falah, 2003)
Al-Qardhawi, Yusuf, Islam dan Seni, terj. Zuhairi Misrawi, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2000)
______, Yusuf, Nasyid Versus Musik Jahiliyah, terj. H. Ahmad Fulex Bisri, H. Awan Sumarna, H Anwar Mustafa, (Bandung: Mujahid Press, 2003)
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Thoumy, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Prisma Sophie, 2002)
Ansari, Muhammad Abdul Haq, Merajut Tradisi Syari’ah dan Sufisme,Mengkaji Gagasan Mujaddid Syeih Ahmad Sir Hindi, (Jakarta: Grafindo Persada, 1997)
Anwar, Saifudin, M.A Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998)
AR, Muhammad., Pendidikan di Alaf Baru Rekonstruksi Atas Moralitas pendidikan, (Yogyakarta : Prisma Sophie, 2002).
Ash shiddieqy,Hasbi, Teungku, Muhammad, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir,(Semarang: Pustaka Rizki putra, 1997)
As-Syarkawy, Muhammad Abdullah, Sufisme dan Akal, trj. Hali Al-Kaf, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2003)
Alwi Shihab, Islam Inklusif, (Bandung: Mizan, 1999)
Anton Bakker dan Ahmad Charis Zubair, Metode Penelitian Filsafat, (Yogyakarta: Kanisisus, 1990)
Consevela G. Sevilla, Pengantar Metode Penelitian, terj. Alimuddin Tawu, ( Jakarta: UI-Press, 1993)
Cyril Glasse, Ensiklopedi Islam Ringkas, terj. Ghufron A Masudi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)
Djohan, Psikologi Musik, (Yogyakarta: Buku Baik, 2003)
Glasse, Cyril, “Ihwan as-Safa” dalam Cyril Glasse, Ensiklopedi Islam Ringkas, terj. Ghufron A Masudi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)
Haskiah, Raski, Mustain, (Jakarta: PSM UIN Syarif Hidayatullah, 2002)
Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah), Tasawuf, Perkembangan dan Pemurniannya, (Jakarta, Pustaka Panji Mas, 1994)
HAR. Gib dan JH. Kramers (ed.), Shorter Encyclopedia Of Islam, (Leiden: EJ. Brill, 1974)
Idries Shah, Mahkota Sufi, terj. M. Hidayatullah dan Roudlon S.Ag., (Surabaya: Risalah Gusti, 2000)
Inayat Khan, Dimensi Mistik Musik dan Bunyi, terj. Subagijono, Fungki Kusnaendi Timur, (Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2002)
Khan, Haszrat Inayat, Dimensi Mistik Musik Dan Bunyi, (Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2002)
Khan, Pir Vilayat Inayat, Membangkitkan Kesadaran Spiritual, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2002)
Nasr, Sayyed Hossein, Islamic Art and Spirituality, terj. Sutedjo, (Bandung: Mizan,1993)
_______, Spiritualitas Dan Seni Isam, terj, Sutedjo, (Bandung: Mizan, 1994)
_______, Menjelajah dunia Modern , (Bandung: Mizan,1995) Pasiak, Taufik, Revolusi
Noeng Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Serasin, cet. 7, 1996)
Saifudin Anwar, MA. Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998)
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, PT. (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1997)
Sumadi Surya Barata, Metode Penelitian, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, tt)
Sutrisno, Metodologi Research, (Yogyakarta: Rineka Cipta, 1992)
Subarisman, Muharso, Apresiasi Musik, (Semarang: Sendra Tasik IKIP Semarang, 1999) Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, PT. (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1997)
Sutrisno, Metodologi Research, (Yogyakarta: Rineka Cipta, 1992)
Syukur, Amin,Metodologi Studi Islam, (Semarang: Gunung Jati dan IAIN Walisongo Press, 1998)
Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ensiklopedi Islam Indonesia, (Jakarta: Djambatan, 1992)
Yusuf al-Qardhawi, Islam dan Seni, terj. Zuhairi Misrawi, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2000)
Yusuf Al-Qardhawy, Nasyid Versus Musik Jahiliyah, terj. H. Ahmad Fulex Bisri, H. Awan Sumarna, H Anwar Mustafa, (Bandung: Mujahid Press, 2003)
J. Milton Cowan (ed), A Dictionary of Modern Written Arabic, (Beirut: Libririe Du Liban, dan London: Mac Donald & Evans LTD, 1980)
Cyril Glasse, “as-sama‘” dalam Cyril Glasse, Ensiklopedi Islam Ringkas, terj. Ghufron A Masudi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)
Carl W. Ernst, Ajaran dan Amaliah Taswuf, terj. Arif Anwar, (Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2003)
Jean Louis Michon, “Musik dan Tarian Suci dalam Islam” dalam Seyyed Hossein Nasr, (ed.), Ensiklopedi Tematis Spiritual Islam, Manifestasi, terj. M. Sholihin Ariyanto, Ruslani, M.S. Nasrullah, Dodi Salman, Kamarudin SF., (Bandung: Mizan, 2003).

Downloads

Published

2014-06-02

How to Cite

azis, abdul. (2014). TASAWUF DAN SENI MUSIK. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 13(1), 57–86. https://doi.org/10.30631/tjd.v13i1.17