PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI: Antara Konsepsi dan Aplikasi

Abstract

Penelitian ini akan memaparkan “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi” yang diawali permasalahan fital mengapa pendidikan Islam di Era Globalisasi niscaya dikaji secara konsepsi dan aplikasi?  dengan tujuan penelitian mengekspolasi keniscayaan pendidikan Islam di Era Globalisasi dikaji secara Konsepsi dan Aplikasi. Sedangkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Dimana kontribusi teoritis dapat dijadikan paradigma baru bagi peneliti berikutnya untuk melakukanstudi tentangpendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi. Sementara kontribusi praktis, bahwa pendidikan Islam  sangat relevan dan representatif untuk direalisasikan secara konsepsi dan aplikasi di era globalisasi saat ini, dimana disiplin ilmu ini selalu muttakhir, aktual, berkembang serta update pada setiap era dan generasi.Selanjutnya, penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan cara menela’ah berbagai literatur terkait dengan “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi”, secara prioritas literatur yang ditulis oleh para pakar pendidikan Islam klasik dan kontemporer. Sedangkan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifdananalisis. Sementara prosedur pengolahan data, digunakan Content Analysis. Mencermati paparan di atas, maka temuan penelitian yang diharapkan adalah “Desain Pendidikan Islam di Era Globalisasi”, dimulai dari desain tujuan pendidikan Islam, desain kurikulum pendidikan Islam,  dan desain lembaga pendidikan Islam.