Perilaku Inovatif pada Mahasiswa yang Berwirausaha
DOI:
https://doi.org/10.29080/ipr.v1i1.169Keywords:
perilaku inovatif, siswaAbstract
Deskripsi komponen perilaku inovatif pada siswa wirausaha, serta mengeksplorasi, menemukan dan menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif siswa yang berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dan wawancara dilakukan untuk subjek dan signifikan lainnya dan didukung oleh dokumentasi. Subjek penelitian adalah 2 siswa, masing-masing berusia 22 tahun. Perilaku inovatif yang dimiliki keduanya dalam penelitian ini cukup beragam. Ada komponen inovatif dari perilaku inovatif, serta menemukan, dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif. Hasil penelitian menunjukkan perilaku inovatif baik subjek maupun faktor perilaku inovatif. Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku inovatif adalah lingkungan, persepsi, emosi, konsep dan motivasi / tujuan. Serta komponen perilaku inovatif yang mempengaruhi perilaku siswa kewirausahaan adalah eksplorasi kesempatan, generativitas, penyelidikan formatif, juara, dan aplikasi
Downloads
References
Dewi, Setyanti & Saleh. (2015). Pengaruh kreativitas dan perilaku inovatif terhadap keberhasilan usaha industri kecil melalui motivasi usaha sebagai variabel mediasi. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jember: Universitas Jember.
Helmi, Avin Fadilla. (2011). Model determinan perilaku inovatif pada mahasiswa yang berwirausaha. Jurnal Psikologi, 134.
Jawapos. (2016). Indonesia kekurangan wirausahawan muda. Diakses dari http://www.jawapos.com/read/2016/02/22/18904/indonesia-kekurangan-wirausahawan-muda. pada tanggal 5 Desember 2016.
Koutstaal & Binks. (2015). Innovating minds rethinking creativity to inspire change. New York: Oxford University Press
Kresnandito & Fajrianthi. (2012). Pengaruh persepsi kepemimpinan transformasional terhadap perilaku inovatif penyiar radio. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 98.
Larasati, T. (2005).Jurnal kualitas hidup pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Jurnal Kualitas Hidup.
Lipi. (2016). Jumlah usia produktif besar indonesia berpeluang tingkatkan produktivitas. Diakses dari http://lipi.go.id/berita/jumlah-usia-produktif-besar-indonesia-berpeluang-tingkatkan-produktivitas/15220. pada tanggal 14 Desember 2016.
Okezone. (2015). 7,5 juta pengangguran banyak bertitel sarjana. Diakses dari http://news.okezone.com/read/2015/12/30/65/1277253/7-5-juta-pengangguran-banyak-bertitel-sarjana. pada tanggal 14 Desember 2016.
Pramayani & Adyani. (2018). Pengaruh Pemberdayaan, Perilaku Inovatif, dan Motivasi Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Bumbu Bali Restoran Tanjung Benoa Badung, Bali. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia.
Sandiasa. (2009). Kewirausahaan. Universitas Panji Sakti
Sujarwo, Anton. (2017). Pengaruh motivasi kerja dan perilaku inovatif terhahap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi (studi kasus pada LKP Alfabank Semarang). Artikel INFOKAM.
Triswanda. (2018). Hubungan antara iklim organisasi dengan perilaku inovatif pada karyawan bagian pemasaran PT. Indobismar Surabaya. Jurnal Psikologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work