MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED

Authors

  • Hikmal Setiawan Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
  • Elvira Permata Setiany Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
  • Miranti Andiarani Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia
  • Wahyu Hidayat Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.165

Keywords:

Kemampuan berfikir kreatif  Matematik, Inquiry Guided

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan  kemampuan berfikir kreatif matematik siswa Sekolah Menengah Kejuruan  yang menggunakan  model pembelajaran Inquiry Guided berbantuan dengan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode Kuantitatif dengan disain postest only. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir kreatif  matematik. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 17 untuk mengetahui perbandingan antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM A yang menggunakan pembelajaran dengan model Inquiry Guided  dan kelas XI TKR A yang menggunakan  pembelajaran biasa. berdasarkan penelitian siswa smk yang kami tela’ah bahwa kita dapat simpulkan pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menengah kejuruan yang pembelajaran menggunakan model inquiry guided lebih tinggi  signifikannya dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa dan dapat berpengaruh positif dalam prestasi siswa dalam proses pembelajaran matematik.

References

DEPDIKBUD.2013. permendikbud No 45 tahun 2013 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdikbud
Haryani, M. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN dalam Gugus di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Noer, S. H. (2009). Model Bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif dan Reflektif (K2R). Makalah: Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Purwaningrum, J. P. (2016). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2).
Rochaminah, S. (2008). Penggunaan Metode Penemuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Keguruan. [Online] http://www.puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah peserta/07 Sutji%20RochaminahPenggunaan%20Metode%20Penemuan%20untuk%20menigkatkan%20kemampuan.pdf [04 Desember 2011]

Downloads

Published

23-11-2018

How to Cite

Setiawan, H., Setiany, E. P., Andiarani, M., & Hidayat, W. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY GUIDED. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1739–1745. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.165

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check