Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo
DOI:
https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6Keywords:
Kemampuan Kognitif, Permainan Tradisional LudoAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak. Hal ini diduga disebabkan oleh kurang menariknya media yang digunakan oleh guru Dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan Ludo di paud Kijang rejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran secara kelompok dengan subjek penelitian peserta didik Paud Kijang Rejo pada kelompok usia 5-6 tahun yang berjumlah 19 peserta didik pada semester II tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing 3 kali hasil pertemuan dilaksanakan di PAUD Kijang Rejo kecamatan Tapung kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data menggunaka observasi. Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui permainan tradisional ludo, Sebelum dilakukan penelitian dengan persentase 31,9%, siklus I mengalami peningkatan dengan persentase 58,7%, dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan persentase 77,1%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional Ludo dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun dalam aspek mengenal bentuk geometri, mengenal bilangan, dan mengelompokkan warna.
References
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto. (2006). Penelitian Tindaan Kelas. Jakarta [Online]. Tersedia dalam: http://paudjateng.xahzgs.com/2006/91/penelitian-tindakan-kelas.html
C. Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks
Einon, Dorothy. (2005). Permainan Cerdas untuk Anak. (Alih bahasa: Fita Fitria Agriningrum). Jakarta: Erlangga.
Fauziddin. (2014). Pembelajaran PAUD Bermain Cerita dan Bernyayi secara Islami. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya Offset
Herley, dkk.(2004). Fungsi Bermain Pada Anak Usia Dini. [Online]. Tersedia dalam: http://herley.blogspot.co.id/2004/33/fungsi-berain-anak-usia-dini.html
Hughees. (1999). Defenisi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Paud. [Online]. Tersedia dalam: http://paudjateng.xahzgs.com/1999/13/defenisi-media-pembelajaran-anak-usia-dini-paud.html [diakses 5 februari 2017]
Jamaris. (2006). Aspek-Aspek Perkembangan Kognitif. [Online]. Tersedia dalam : http://hughees.blogspot.co.id/2006/13/aspek-perkembangan-anak-usia-dini.html
Kemendiknas. (2010). Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Kampar GOPTKI
Marleni, L. (2016). Improving Students’ Listening Compreshension Of Narratives By Using Movie As Media At Grate XI IPA 5 Of SMAN 2 Bangkinang. Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 1 (1), 20-26. Doi: 10. 31004/obsesi.vlil.63
Padmonodewo. (2003). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. [Online]Tersedia dalam : http://padmonodewo.blogspot.co.id/2003/27/perkembangan-kognitif.html
Raihan. (2005). Defenisi Bermain. [Online]. Tersedia dalam: http://raihan.blogspot.co.id/2005/85/defenisi-bermain.html.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Soemarjadi, Muzni Ramanto, Wikdati Zahri. (1993). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sujiono Yuliani Nurani,dkk. (2004). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).