KONSEP DAN IMPLEMENTASI METODE ACTION LEARNING DI SEKOLAH DEMOKRASI PASURUAN 2015

Abstract

Penerapan metode Action learning di Sekolah Demokrasi Pasuruan 2015tidak hanya sekedar belajar di kelas dan tidak hanya ada ruang belajar di luar kelas, tetapi ada upaya semua peserta belajar kelompok didampingi oleh fasilitator dan penyelenggara. Tujuannya agar semua peserta bisa menyusun naskah perubahan didorongkan untuk menjadi PERDA. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Action learning di Sekolah Demokrasi 2015. Salah satu alasan yang paling utama judul ini diangkat, karena metode Action learning yang diterapkan di Sekolah Demokrasi Pasuruan berbeda dengan metode-metode yang lain. Ada suatu proses pembelajaran yang mandiri dilakukan secara berkelompok, berbasis pada masalah dan belajar berangkat dari masalah, berorientasi pada perubahan dan berorientasi pada penyelesaian masalalah.