Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme pada Materi Fisika di Kalimantan Barat

Abstract

This study aims to determine: (1) average level of influence education to the subject of research (SMP and SMA equal) based constructivism. (2) average influence on giving action based constructivism. (3) Average influence on the learning toward dependent variable of subject research-based constructivism. The research method is quantitative descriptive. In accord with the purpose of the research, the subject in this study obtained from the review of 5 (Five) research results.The data collecting technique in this meta-analysis is an observation of the components examined in several reports of research results by a grouping of units-analysis. The research result obtained from the education level based constructivism, the average of learning outcomes and the students' responses based constructivism regarding giving the action, and the effect of learning based constructivism on the dependent variable is medium categorized.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari jenjang pendidikan subjek penelitian (SMP dan SMA Sederajat). (2) Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari pemberian tindakan. (3) Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap variabel terikat subjek penelitian. Metode penelitian ini adalah metodeĀ  deskriptif kuantitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian yang dikemukakan, maka subjek dalam penelitian ini diperoleh dari review laporan hasil penelitian sebanyak 5 (Lima) buah. Teknik pengumpulan data dalam meta analisis ini adalah observasi terhadap komponen-komponen yang diteliti pada beberapa laporan hasil penelitian dengan mengelompokkan berdasarkan kelompok-kelompok unit analisis. Hasil penelitian diperoleh Rerata pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari jenjang pendidikan subjek penelitian, Rerata hasil belajar dan respon siswa dari pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari pemberian tindakan, dan Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap variabel terikat subjek penelitian berkategori baik.