Main Article Content

Abstract

 


Telah dilakukan penelitian awal yang bertujuan mengetahui kemampuan awal membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kutorejo I Tuban pada materi sandhangan yang terdiri dari tiga indikator yaitu ketepatan menyuarakan tulisan, pelafalan, dan kelancaran. Penelitian awal ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) untuk pembelajaran membaca aksara Jawa materi sandhangan. Tes kemampuan awal membaca aksara Jawa berupa tes lisan yang disusun berjumlah 10 kata aksara Jawa yang sudah diimbuhi sandhangan swara, sandhangan wyanjana, dan sandhangan penyigeg-wanda. Kemampuan awal membaca aksara Jawa yang dianalisis merupakan kemampuan membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kutorejo I Tuban TP. 2017/2018 sebelum diterapkan suatu pengembangan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan awal membaca aksara siswa kelas IV SDN Kutorejo I yang mendapat nilai memenuhi KKM atau ≥ 70 adalah sebesar 27,02% ( 10 siswa) dengan nilai tertinggi 82 dan 72,98% (27 siswa) siswa lainnya mendapat nilai di bawah 70 dengan nilai terendah 25.

Keywords

membaca aksara Jawa

Article Details

How to Cite
Wiratsiwi, W. (2018). Kemampuan Awal Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDN Kutorejo I Tuban Materi Sandhangan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(1), 101-107. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12204

References

  1. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian .Jakarta: RinekaCipta
  2. Indrawan, S. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa dengan Quantum Learning di Kelas VB SD 1 Kadipiro Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
  3. Prihantoro, D. 2011. Sejarah Aksara Jawa. Jakarta: Javalitera.
  4. Tarigan, H., G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.