DINAMIKA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PERGURUAN TINGGI

Abstract

Abstract; Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia dapat berhubungan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari dimanapun manusia itu berada. Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai cara yang kompleks. Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang terucap belaka, melainkan bentuk dari apa saja interaksi, senyuman, anggukan kepala yang membenarkan hati, sikap badan, ungkapan minat, perhatian yang mendukung diterimanya pengertian, sikap dan perasaan yang sama. Komunikasi organisasi mengandung tujuh konsep kunci yaitu: proses, pesan, jaringan, saling tergantung, hubungan, lingkungan, dan ketidakpastian. Hambatan komunikasi dalam organisasi juga dapat dibagi menjadi tiga yaitu hambatan teknis, hambatan semantik, dan hambatan perilaku. Teknik komunikasi ialah keahlian yang dimiliki oleh seseorang dalam menyampaikan informasi kepada pihak lain sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan cepat dan tepat oleh penerima informasi. Kurangnya apresiasi dan motivasi dari pimpinan di perguruan tinggi dapat mempengaruhi sikap dari bawahannya. Untuk dapat memperbaiki hubungan, selain mempersiapkan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan, juga diperlukan hubungan yang baik antara komunikator dengan komunikan, ini karena keefektifan komunikasi secara keseluruhan masih memerlukan suasana psikologis yang positif dan penuh kepercayaan. Komunikator selalu menginginkan agar komunikan melakukan apa yang diungkapkannya. Ketidakefektifan komunikasi terjadi karena adanya hambatan dalam komunikasi, hambatan tersebut paling banyak adalah hambatan dalam hal perbedaan persepsi. Kata Kunci : Dinamika, Komunikasi Communication is a basic human activity, with people communicate can relate to each other in everyday life wherever human being. Communication can be done in a way that is simple to complex ways. Communication is not limited to the spoken words alone, but any form of interaction, a smile, a nod of the head that justify the liver, posture, expressions of interest, attention which supported the adoption of understanding, attitudes and feelings are the same. Organizational communication contains seven key concepts: process, messaging, network, interdependent, relationships, environment, and uncertainty. Barriers to communication within the organization can also be divided into three technical barriers, barriers semantic, and behavioral barriers. Communications engineering expertise that is owned by someone in conveying information to others so that information can be delivered quickly and accurately received by the receiver of information. Lack of appreciation and motivation of leadership in higher education can affect the attitude of his subordinates. In order to improve relations, in addition to preparing for the right words to convey the message, also needed a good relationship between the communicator to the communicant, this is because the effectiveness of the overall communication still requires a positive psychological atmosphere and full of confidence. Communicators have always wanted to do what it expresses communicant. Ineffectiveness of communication occurred because of barriers in communication, these barriers are most obstacle in terms of differences in perception. Keywords : Dynamics, Communication