Penerapan Collaborative Learning Melalui Permainan Mencari Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tabanggele dengan menerapkan Collaborative Learning melalui Permainan Mencari Gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SDN Tabanggele. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi,dokumentasi dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika 80 % siswa yang  mendapatkan nilai ≥70.           Berdasarkan hasil penelitian khususnya pada siswa kelas V SDN Tabanggele menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus 1 meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal, yakni dari 57.72 menjadi 71.05 dengan presentase kenaikan sebesar 31.82%. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa memperoleh nilai . Selanjutnya pada siklus 2 ini telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Collaborative Learning melalui permainan mencari gambar berpengaruh positif bagi aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tabanggele.    Kata Kunci :  Collaborative Learning, Permainan Mencari Gambar, Hasil  Belajar.