Implementasi Evaluasi Program Model Formatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara empirik tentang: Aspek, teknik dan prosedur penilaian kelas yang dilaksanakan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Neg. 4 Kendari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven yang mencakup aspek penilaian, teknik penilaian, dan prosedur penilaian. Metode yang digunakan adalah metode survei. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan, wawancara, kuesioner (angket) serta dokumentasi. Sumber data penelitian ini yakni guru, siswa, kepala sekolah dan dokumentasi yang dikumpulkan melalui teknik observasi partisipatif, kuesioner, wawancara, serta studi dokumentasi. Untuk pengujian data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data.  Selanjutnya data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data dan (4) verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aspek penilaian yang telah dilaksanakan guru meliputi aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif; (2) Teknik penilaian yang dilaksanakan guru yang sudah dikembangkan adalah tes tertulis, tes praktik, penugasan, dan tes lisan, sedangkan teknik penilaian observasi, potofolio, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antarteman belum dikembangkan sebagaimana mestinya.  Prosedur penilaian yang ditempuh guru belum sepenuhnya memenuhi komponen sebagaimana yang terdapat pada buku panduan penilaian mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: Bahasa Indonesia; Evaluasi formatif; Penilaian