HAMBATAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KABUPATEN BIREUEN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner melalui google forms. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari guru PAI pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA di Kabupaten Bireuen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitiam ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa hambatan yang didadapi oleh guru di Kabupaten Bireuen dalam implementasi kurikulum merdeka antara lain adalah tidak memiliki pengalaman dengan merdeka belajar, keterbatasan referensi, akses yang dimiliki dalam pembelajaran, manajemen waktu, kompetensi (skill) yang belum memadai, perubahan mindset, dukungan dan pelatihan yang kurang, serta evaluasi dan penilaian