Digital Literacy Of Madrasa Aliyah Students In Padangsidimpuan

Authors

  • Sri Wahyuni Hasibuan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal, Indonesia
  • Irmasani Daulay Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal, Indonesia
  • Nurainun Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal, Indonesia
  • Siti Rahma Harahap Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(2).14306

Keywords:

Literasi Digital, Pencarian Internet, Hypertextual, Evaluasi Konten, Penyusunan Pengetahuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital yang dilakukan siswa madrasah aliyah pada materi keislaman/dakwah, pemahaman siswa madrasah aliyah terhadap literasi digital, dan kendala yang dihadapi siswa madrasah aliyah dalam penerapan literasi digital materi keislaman/dakwah di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa di MAN 1, MAN 2 Model, MAS YPKS, dan MA An-Nur yang berlokasi di Padangsidimpuan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara siswa dan guru, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian adalah implementasi literasi digital siswa di madrasah aliyah Padangsidimpuan telah diterapkan dalam menemukan materi/dakwah keislaman (internet searching), memahami cara kerja web browser (navigasi hypertext), mampu mengevaluasi materi yang dibaca atau dibaca, ditonton (evaluasi konten) dan mampu mengkompilasi pengetahuan yang dimiliki untuk diterapkan (kompilasi pengetahuan). Pemahaman siswa tentang definisi literasi digital di madrasah aliyah di Kota Padangsidimpuan masih kurang baik.. Berbeda halnya dengan kemampuan teknis dan mengolah informasi, para siswa dapat memahami penggunaan digital dalam berliterasi. Mereka dapat mencari informasi keislaman melalui jaringan internet, mampu mengunduh dan membagikan beberapa informasi yang diterima.  Kendala yang dihadapi mahasiswa adalah kuota atau paket internet, banyaknya iklan saat menonton video/dakwah Islami, dan banyaknya perbedaan pendapat dari para ahli yang membuat bingung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Marzuki, A. K. (2023). Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Materi Sifat Amanah Siswa Kelas Iv Mi Al Huda Kedungumpul Kandangan Temanggung. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Volume 4 N. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/.

Ahsani, et all. (2021). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia den Haag. Volume 8 N.

Gibbins, N. (2014). Telling Tales: Hypertext Writing. http://edshare.soton.ac.uk/13323/.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. Wiley.

Gracia Gampu, Marien Pinontoan, J. M. (2022). Peran Lingkungan Madrasah Terhadap Pembentukan Karakter, Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/Edukatif.V4i.3090.

Husna, M. F., & Novita, T. R. (2022). Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Uswatun Hasanah Mirza Kota Binjai. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 227–234. https://doi.org/10.54082/jamsi.196.

Moh Yamin, Supiana Supiana, Q. Y. Z. (2022). Penggunaan Literasi Digital di Madrasah Aliyah Negeri. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 N, 6366–6377.

Nilam Pangestika, Muhammad Faizin, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Inpres 68 Kota Sorong. Jurnalpendidikandasar.V4i1.2065. https://doi.org/DOI:10.36232.

Rayinda, Prayogi, R. E. (2021). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Santrock, ohn W. (2012). Life-Span Development. McGraw-Hill Education edition.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model of Strengthening Digital Literacy Through Utilization of E-Learning. Journal of ASPIKOM, 3(6), 1200.

Social, W. are. (2020). Survei Penggunaan Digital di Indonesia.

Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies.

Susilo, H. (2019). Pegaruh literasi digital dan literasi informasi keislaman terhadap hasil belajar afektif pendidikan agama Islam peserta didik SMA N 1 Kendal [UIN Walisongo Semarang]. http://eprints.walisongo.ac.id/12137/.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Hasibuan, S. W., Daulay, I., Ritonga, N., & Harahap, S. R. (2024). Digital Literacy Of Madrasa Aliyah Students In Padangsidimpuan. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 192–207. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(2).14306