Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif Fenomenologi)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap manajemen pembelajaran di pondok pesantren Al Islah di Danau Pauh, Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain fenomenologi. Informan penelitian ini meliputi pengurus pondok pesantren, ustadz dan ustadzah, dan santri. Purposive sampling digunakan dalam pemilihan informan. Ada dua macam sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Memanfaatkan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi dalam proses analisis data. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, reliabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan pembelajaran di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh sudah efektif. Pengorganisasian yang dilaksanakan di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh telah terstruktur sesuai dengan konsep atau tahapan tertentu. Rencana pelaksanaan pembelajaran pondok pesantren Al Islah Danau Pauh meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Diawali dengan pembukaan atau salam, ustadz menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, spidol, dan kertas yang dibagikan kepada santri. Di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh, evaluasi formatif dan sumatif digunakan untuk menilai pembelajaran siswa.