PERAN GURU AGAMA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI SDN 2 SUKODONO KABUPATEN JEPARA

Abstract

Persoalan diskriminasi, intoleransi dan praktik-praktik serupa tidak boleh dibiarkan begitu saja, terlebih pada bangsa yang memiliki tingkat pluralitas tinggi seperti halnya Indonesia. Dengan adanya hal itu, perlu menghadirkan lembaga yang dinamakan sekolah untuk mengelola dan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran kepada peserta didik agar dapat memahami realitas perbedaan budaya, ras atau agama. Konsep pendidikan moderasi beragama merupakan suatu konsep yang memberikan stimulus kepada peserta didik agar memahami realitas perbedaan agama. Salah satu sekolah yang memiliki keberagaman agama dan mengimplementasikan pendidikan moderasi beragama yakni SDN 2 Sukodono Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru agama dalam implementasi pendidikan moderasi beragama di SDN 2 Sukodono Tahunan Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menekankan pada pencarian makna, dampak atau fenomena dengan penyajian secara naratif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peran guru agama di SDN 2 Sukodono Kabupaten Jepara memuat tiga peran utama, yakni pendidik, pengajar dan fasilitator. Sedangkan penanaman nilai-nilai moderasi beragama terwujud dalam kegiatan intrakurikuler (pembelajaran di kelas) dan kegiatan ekstrakurikuler (perayaan hari besar dan green school).