PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN MENTAL PADA ANAK BERBASIS WEB

Kikye Martiwi Sukiakhy, Zulfan Zulfan, Odli Aulia

Abstract


CCM (Care for Children’s Mental) adalah sistem pakar diagnosa dengan metode certainty factor yang dapat dilakukan di berbagai tempat dan memilih beberapa gejala yang terjadi pada anak agar sistem dapat mendiagnosa gangguan mental anak yang di alami. Diharapkan dengan adanya sistem pakar ini bisa membantu para orang tua dalam mendiagnosa secara dini gangguan mental yang anak mereka alami secara mandiri dengan bantuan seorang ahli dengan berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan agar para orang tua peka terhadap anak dan tidak menganggap remeh hal tersebut. Manfaat lain dari sistem pakar ini adalah mempermudah dalam akses dimana saja, dan memudahkan orang tua untuk mendiagnosa gangguan anak dengan mudah. Certainty Factor merupakan suatu metode yang dapat mendefinisikan ukuran terhadap aturan atau fakta pakar untuk menggambarkan keyakinan seorang terhadap suatu masalah yang dihadapi. Guna mempermudah dan membantu para orang tua  dalam mendiagnosa gangguan mental pada anak, maka metode certainty factor mungkin dapat dijadikan salah satu solusinya. Penerapan metode Certainty Factor pada Sistem pakar diagnosa gangguan mental pada anak dengan metode certainy factor berbasis web ini dibangun dengan menggunakan database MySQL dan framework CodeIgniter (CI) serta bahasa pemrograman PHP.


Keywords


Certainty faktor, sistem pakar, penyakit anak, gangguan mental, diagnosa

Full Text:

PDF

References


E. Yuliandari, A. Pengertian, and K. Mental, “Kesehatan Mental Anak dan Remaja.”

S. Utami and D. Hanifah, “Faktor Risiko Masalah Mental Emosional Pada Anak Prasekolah Di Kota Sukabumi,” Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, vol. 24, no. 3, pp. 192–201, Sep. 2021, doi: 10.22435/hsr.v24i3.4066.

Umar, Rizqi, Arnie Retno Mariana, and Oktavyani Purnamasari. "Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web." Jurnal Sisfotek Global 7.1 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v6i2.14195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 kikye martiwi sukiakhy

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.