PENGARUH TARGET KEUANGAN, KETIDAKEFEKTIVITAS PENGAWASAN, DAN TOTAL AKRUAL TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Nanda Restiana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arsa Arsa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Subhan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Achyat Budianto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32939/dhb.v4i2.1467

Keywords:

Ketidakefektivitas Pengawasan, Kecurangan Laporan Keuangan, Target Keuangan, Total Akrual

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh target keuangan, ketidakefektivitas pengawasan, dan total akrual terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Desain/Metodologi/Pendekatan Penelitian: Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan data panel. Data yang digunakan yaitu data sekunder diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan. Variabel independen yang digunakan yaitu target keuangan dengan proksi return on asset, ketidakefektivitas pengawasan dengan proksi rasio komisaris, dan total akrual dengan proksi rasio total akrual. Variabel dependen yang digunakan ialah kecurangan laporan keuangan. Hasil Penelitian: Secara parsial Target Keuangan (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Sementara, Ketidakefektivitas Pengawasan (BDOUT) dan Total Akrual (TATA) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan secara bersama-sama (simultan) Target Keuangan, Ketidakefektivitas Pengawasan, dan Total Akrual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Implikasi Penelitian: Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa untuk menghidari kecurangan laporan keuangan, maka perusahaan harus meningkatkan target keuangan. Hal ini terbukti bahwa target keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ACFE Indonesia Chapter. (2020). Survei Fraud Indonesia 2019. Jakarta: ACFE Indonesia Chapter.

Damayani, F., Wahyudi, T., & Yuniatie, E. (n.d.). Pengaruh Fraud Pentagon Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Infrastruktur Yangterdaftar Di Bursa Efek Indonesiatahun 2014-2016. Junal Penelitian Dan Pengembangan Akuntansi, 11(1).

Faradiza, S. A. (2019). Fraud Pentagon Dan Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).

Fironika, F., Susbiyani, A., & Syafrudin, A. (2019). Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud. Jurnal Riset Akuntansi, 8(1).

Ghozali, I. (2018). Teori, Konsep Analisis Multivariat Dan Ekonometrika: Dan Aplikasi Dengan Eviews 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jamil, M. C., & Yudowati, S. (2019). Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Manajemen, 6(2).

Kayoi, F. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Statement Fraud Ditinjau Dari Fraud Triangle Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Jurnal Akuntansi, 8(4).

Novitasari, A. R., & Chairiri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Financial Statement Fraud Dalam Perspektif Fraud Pentagon. Diponegoro Journal of Accounting, 7(4).

Purba, E. L., & Putra, S. (2017). Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Empiris Pada Perusahaan Manafaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2015. JAKPI - Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia, 5(1).

Puspitadewi, E., & Sormin, P. (2018). Pengarauh Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud (Studi Pada Perusahaan Manafaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. Jurnal Akuntansi, 12(2), 146-162.

Sarmigi, E. (2018). Analisis Komparasi Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi STIE Sakti Alam Kerinci Dengan STIE Sumatera Barat Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Benefita, 3(1), 91-105.

Sarmigi, E. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Pertumbuhan Pembiayaan Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2015-2019. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 2(2), 56-65.

Sarmigi, E., & Andriadi, D. (2019). Analisis Penerapan Akuntansi Keperilakuan Terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE Sakti Alam Kerinci. Jurnal Benefita, 4(1), 51-59.

Sarmigi, E., Abdallah, Z., & Maryanto, M. (2021). Akuntansi Manajemen: Dasar-Dasar Pengukuran Kinerja Manajemen. Yoyakarta: Deepublish.

Sarmigi, E., Putra, E., Bustami, Y., & Parasmala, E. (2022). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah. Indramayu: Penerbit Adab.

Siddiq, F. R., Achyani, F., & Zulfikar. (2017). Fraud Pentagon Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud. Jurnal Akuntansi.

Yesiariani, M., & Rahayu, I. (2017). Deteksi Financial Statement Fraud: Pengujian Dengan Fraud Diamond. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 21(1).

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Restiana, Nanda, Arsa Arsa, Muhammad Subhan, and Achyat Budianto. “PENGARUH TARGET KEUANGAN, KETIDAKEFEKTIVITAS PENGAWASAN, DAN TOTAL AKRUAL TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN”. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting 4, no. 2 (September 1, 2023): 80–91. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-dzahab/article/view/1467.