REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERPEN-CERPEN DALAM SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS EDISI BULAN OKTOBER-DESEMBER 2021: KAJIAN RESEPSI SASTRA

Authors

  • Haviza Wininda Putri UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Siti Isnaniah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.6625

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca terhadap representasi nilai-nilai pendidikan pada cerpen-cerpen dalam surat kabar harian umum Solopos Edisi bulan Oktober-Desember 2021. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen berupa cerpen-cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 dan informan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (a) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat di cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 mengandung nilai-nilai pendidikan berupa pengambilan keputusan, kebiasaan, kendali diri, empati, penentuan perspektif, dan mengetahui nilai moral, hati nurani, mencintai hal yang baik. (b) Mayoritas informan mengatakan bahwa tema diangkat dalam cerpen-cerpen Solopos seputar keluarga, percintaan, dan kehidupan. Bahkan setiap peneliti memiliki perbedaan cara penelitian dalam menulis cerpen sehingga setiap peneliti memiliki kekhasannya masing-masing. (c) Cerpen-cerpen Solopos menarik untuk dibaca karena majas serta kosakata yang digunakan tidak monoton dan terus mengalami pembaruan sehingga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.    

References

Eagleton, T. (2010). Teori Sastra: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Junus, U. (1985). Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Lichona, T. (2012). Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengjakian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, R. D. (2012). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Putri, H. W., & Isnaniah, S. (2023). REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERPEN-CERPEN DALAM SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS EDISI BULAN OKTOBER-DESEMBER 2021: KAJIAN RESEPSI SASTRA. Jurnal Nusantara Raya, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.6625

Issue

Section

Articles