REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERPEN-CERPEN DALAM SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS EDISI BULAN OKTOBER-DESEMBER 2021: KAJIAN RESEPSI SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.6625Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca terhadap representasi nilai-nilai pendidikan pada cerpen-cerpen dalam surat kabar harian umum Solopos Edisi bulan Oktober-Desember 2021. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen berupa cerpen-cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 dan informan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (a) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat di cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 mengandung nilai-nilai pendidikan berupa pengambilan keputusan, kebiasaan, kendali diri, empati, penentuan perspektif, dan mengetahui nilai moral, hati nurani, mencintai hal yang baik. (b) Mayoritas informan mengatakan bahwa tema diangkat dalam cerpen-cerpen Solopos seputar keluarga, percintaan, dan kehidupan. Bahkan setiap peneliti memiliki perbedaan cara penelitian dalam menulis cerpen sehingga setiap peneliti memiliki kekhasannya masing-masing. (c) Cerpen-cerpen Solopos menarik untuk dibaca karena majas serta kosakata yang digunakan tidak monoton dan terus mengalami pembaruan sehingga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.References
Eagleton, T. (2010). Teori Sastra: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Junus, U. (1985). Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Lichona, T. (2012). Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengjakian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, R. D. (2012). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Junus, U. (1985). Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Lichona, T. (2012). Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengjakian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, R. D. (2012). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
2023-07-18
How to Cite
Putri, H. W., & Isnaniah, S. (2023). REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERPEN-CERPEN DALAM SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS EDISI BULAN OKTOBER-DESEMBER 2021: KAJIAN RESEPSI SASTRA. Jurnal Nusantara Raya, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.6625
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).