The Implementation of Religious Moderation Values in Islamic Education Learning at Cendekia Islamic Junior High School, Cianjur Regency, Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan negara multicultural terbesar di dunia. Konflik keagamaan masih terjadi hingga saat ini. Untuk mengatasinya penanaman nilai-nilai moderasi beragama ditengah masyarakat yang majemuk adalah Langkah paling strategis. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama tersebut perlu ditanamkan sejak dini, sehingga penelitiannya mulai level mendidikan dasar menjadi keharusan. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Cendekia Cianjur Jawa Barat. Salah satu sekolah Islam berbasis pesantren modern yang menjadi salah satu BRIDGE school Indonesia mulai tahun 2019. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama guru PAI mengaplikasikannya pada semua aspek pembelajaran; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.  Pada aspek perencanaan, guru PAI mengaplikasikan nilai-nilai penghargaan, tanggung jawab, dan kesederhanaan. Nilai-nilai kedamaian, kebahagiaan, dan kerendahan hari diaplikasikan mereka pada aspek pelaksanaan. Kemudian pada aspek evaluasi pembelajaran fasilitatornya mengaplikasikan nilai-nilai kejujuran, toleransi, dan kerja sama. Guru PAI mendapatkan kukungan kebijakan dari pengelola sekolah yang berdiri pada tahun 2012 tersebut.