Pengaruh Merger Bank Syariah BUMN Terhadap Minat Menabung Di BSI Pada Masyarakat Solo Raya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh merger Bank Syariah Indonesia terhadap sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan tujuan perilaku masyarakat di Solo Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah 123 responden dari masyarakat Solo Raya dan sampel 30 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap perilaku berpengaruh secara parsial terhadap niat sebesar 0,275, variabel norma subyektif berpengaruh terhadap niat sebesar 0,485, variabel kontrol perilaku berpengaruh terhadap niat sebesar 0,228. Sikap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku, dan niat perilaku sebagian mempengaruhi minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor niat memiliki faktor terbesar yang mendorong minat masyarakat untuk menabung di bank syariah, faktor niat berupa manfaat ekonomi dalam hal ini bagi hasil yang diperoleh masyarakat dari menabung di bank syariah Indonesia.