PENGARUH PENGETAHUAN DAN KEYAKINAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BAYANG

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh pengetahuan dan keyakinan guru dalam melaksanakan pembelajaran terhadap hasil belajar agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bayang. Pendekatan penelian ini adalah quantitative research dengan metode survei dan cross sectional design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling yaitu kelas VIIIA berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data kuesioner dianalisis menggunakan persamaan persentase untuk menghitung Total Capaian Responden (TCR), sedangkan data inferensial dihitung menggunakan multiple regression analysis. Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat lebih dari sebagian responden memiliki pengetahuan tinggi tentang pendidikan agama Islam, lebih dari sebagian responden menyatakan keyakinan guru dalam memberikan pembelajaran sudah baik dan juga lebih dari sebagian responden memiliki hasil belajar yang sangat baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan terhadap hasil belajar siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan antara keyakinan guru terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan koefisien determinan diketahui bahwa pengetahuan dan keyakinan guru memberikan kontribusi sebesar 75,8 % terhadap prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Bayang Dengan adanya hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan dan keyakinan guru dengan prestasi belajar PAI, maka diharapkan kepada guru dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran agar selalu memperhatikan hal-hal yang dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan minat dan motivasi dalam pembelajaran PAI. Dengan adanya keyakinan guru dalam pemilihan metode pembelajaran tentunya diharapkan ke depan siswa bisa memiliki motivasi yang lebih tinggi dalam belajar.