PERAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN AMANAH iB DITINJAU DARI MARKETING MIX 4P

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia sungguh menggembirakan. Dual banking system yang dianut perbankan Indonesia menjadikan masyarakat Indonesia dapat memilih dari sekian banyak perbankan yang ada di negeri ini. Perkembangan perbankan syariah memang tak secepat bank konvensional, namun melihat perkembangannya saat ini, tentu pertumbuhannya patut disyukuri. Tentu bukan masalah gampang agar produk perbankan syariah dapat diterima oleh masyarakat luas. Dibutuhkan sebuah manajemen khusus agar masyarakat percaya dalam menggunakan dan bertransaksi dengan menggunakan bank syariah. Seperti halnya yang dilakukan oleh BPRS Kota Mojokerto Cabang Jombang, sebagai lembaga keuangan non bank yang berdiri di luar wilayah utamanya, BPRS ini juga menggunakan strategi pemasaran agar produk yang ada dalam lembaganya dapat diterima oleh nasabah yang notabene masyarakat di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yakni metode menggambarkan fenomena di lapangan melalui pengolahan data yang berasal dari dokumen tertulis ataupun data secara lisan yang diperoleh melalui interview. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan strategi pemasaran BPRS Kota Mojokerto Cabang Jombang dalam menaikkan jumlah nasabah produk tabungan Amanah iB ditinjau dari Marketing Mix 4P. Strategi Pemasaran yang digunakan BPRS Kota Mojokerto Cabang Jombang menggunakan strategi Marketing Mix 4P yang terdiri atas kegiatan promotion, strategi place dengan memilih lokasi yang strategis, product untuk memberikan pilihan nasabah untuk memilih produk yang sesuai kebutuhan konsumen dan strategi price digunakan untuk menarik nasabah baru agar mau membuka rekening di BPRS Kota Mojokerto Cabang Jombang.