Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning untuk Mata Pelajaran PAI Kelas VII Semester II
Abstract
Abstrak
Tindakan atau keberadaan discovery learning menekankan kepada penemuan peserta didik. Kombinasi buka ajar berbasis discovery learning akan mampu mengarahkan peserta didik untuk lebih mandiri dan kreatif dalam mencari data dan fakta berkaitan dengan pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menghasikan buku ajar berbasis discovery learning yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (penelitian pengembangan). Disain penelitian menggunakan model 4D yang hanya mengambil 3 langkah dari 4 langkah tahapan pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Alat pengumpul data adalah wawancara, lembar validasi dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan perhitungan indeks Aiken v yang nilainya berkisar antara 0-1. Hasil validasi buku ajar PAI berbasis discovery learning untuk kelas VII semester II memperoleh rata-rata 0,709 dengan kategori valid, dan hasil uji praktikalitasnya memperoleh rata-rata 0,784 dengan kategori praktis. Sedangkan rata-rata pendapat peserta didik sebesar 0,845 dengan kategori sangat praktis. Penerapan buku ajar ini akan menimbulkan kreativitas peserta didik dalam menemukan fakta dan data sendiri, di bawah tuntunan pendidik.
Abstract
Discovery learning technique emphasizes on discoveries by learners. The discovery learning based textbook enable students to be more independent and creative in finding data and facts related to learning. The aim of this research was to produce a valid and practical discovery learning based textbook. This was research and development (R & D reasearch). The research design used 4D model which took 3 of 4 stages of development, namely define, design, and develop. The instruments used were interview guidance, validation sheets and observation sheets. Data were analyzed using quantitative methods by calculating the Aiken V index whose values ranged from 0-1. The validation results of discovery learning based PAI textbooks for class VII semester II students described that the average was 0.709 in the valid category, and the results of the practicality test obtained an average of 0.784 in the practical category. While the average opinion of students was 0.845 in the very practical category. The application of this textbook will lead to the creativity of students in finding facts and data themselves, under the guidance of teachers.
Full Text:
PDF (INDONESIA)References
Basri, Hasan. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Fitri, Mariza dan Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Lea rning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi 3(2), 89-96.
Hasanudin. (2009). Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 6 (1), 48-60.
Kurniawati. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian 9(2), 367-388.
Kosasih, Aceng. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran PAI melalui Pembinaan Keagamaan Berbasis Tutorial menuju Terciptanya Kamus UPI Reigius. Jurnal Penelitian 9(1).
Ningsih, Desi Ratna, Taufik Ramlan Ramalis, Umang Purwana. (2018). Pengembangan Tes Keterampilan Berfikir Kritis Berdasarkan Analisis Teori Respon Butir. Jurnal W ahana Pendidikan Fisika 3 (2), 45-50.
Nugroho, Ichwan Restu., Bambang Ruwanto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instragram sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran 6 (6), 460-470.
Pane, Aprida., Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F 3 (2), 333-352.
Qodariah, Lisda., Heris Hendriana. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP melalui Discovery Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran 2(3), 241-252.
Rudyanto, Hendra. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Premiere Educandum 4(1), 41-48.
Suyono dan Hariyanto MS. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progrsif. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v1i0.2541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Eliwatis Eliwatis, M. Yasri, David David
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.