Pengembangan Media Murottal Animasi Dalam Pembelajaran Tajwid: Upaya Peningkatan Semangat Santri TPA Darunnizam di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media murattal animasi dalam pembelajaran tajwid di TPA Darunnizam di Jorong Kapuah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur yang terdiri dari: 1) define dengan melakukan wawancara dengan guru TPA untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan siswa,2) design menyiapkan prototipe media murattal animasi serta aplikasi yang digunakan, serta 3) develop melakukan uji valiadasi dan kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan media murottal animasi yang sudah dirancang terbukti layak digunakan dalam pembelajaran tajwid di TPA Darunnizam hal ini terbukti dari hasil validasi berada pada kategori valid.. Dengan kata lain, media murottal animasi layak menjadi media pembelajaran tajwid bagi santri TPA khususnya TPA Darunnizam dan hasil validasi media murottal animasi berada pada kategori sangat valid.
Abstract
This research aims to develop an animation murottal media in learning tajwid at TPA Darunnizam in Jorong Kapuah. The method used was research and development (R & D). The development procedure consisted of three phases: define, design, and develop. At define phase, the researcher conducted interviews with Qur’an educational teachers. At design phase, the researcher constructed the prototype of the murottal media. Last, at develop phase, the researcher conducted validation test to determine the worthiness of the products. Based on the results received, animation murottal media has proved worthy to be used in learning tajwid at TPA Darunnizam as the results of validation was perfectly valid based on validators’ judgments. In other words, animation murottal media deserves to be a tajwid learning media for the students especially at TPA Darunnizam.
Full Text:
PDF (INDONESIA)References
Akdon dan Riduwan. 2007. Rumusan Data dalam Aplikasi Statik. Bandung: Alfabeta.
Alfianika, ninit. 2018. Metode Penelitian Pengajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Arifin, Jauhari, Leni Natalia Zulita dan Hermawansyah. 2016. Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama, 12 (1).
Setiawan, Dedi dan Amir Rusdi. 2017. Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an di Marsjid Al-Fattah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 3 (2).
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yudhanto, Yudho. 2017. Panduan Mahir Pengantar Teknologi Informasi. Solo: UNS Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v1i0.2539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Feni Mardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Indexed By:
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.