Kenakalan Remaja di Desa Teluk Piai Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhanbatu Utara

Arifin Hidayat Hidayat (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Kenakalan remaja di era yang modern ini sangat sering terjadi. Kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma-norma serta ketentuan yang berlaku di lingkungan keluarga, sosial, dan pendidikan. Jika kondisi ini tidak segera di atasi maka perkembangan kenakalan remaja akan semakin luas dan merusak generasi muda. Keluarga memiliki peranan penting dalam menentukan karakter seorang remaja. Remaja adalah masa transisi anak-anak menuju masa dewasa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, sehingga dapat menggambarkan fenomena-fenomena di lapangan,  Adapun hasil penelitannya upaya yang dapat orangtua lakukan seperti memberikan perhatian, kasih sayang serta menasehati setiap kesalahan yang dilakukan jika itu masih bisa, namun jika kesalahan itu sudah fatal berikan punismen yang setimpal. Pola asuh yang dianjurkan untuk orangtua dalam membimbing anak yaitu pola asuh demokratis karena setiap pola asuh yang diberikan mampu untuk mempengaruhi sikap remaja dalam menjalani setiap proses kehidupan yang akan di jalani dimasa yang akan datang.

 


Keywords


: Kenakalan Remaja, Bimbingan, Orangtua, Remaja

Full Text:

PDF

References


Adristinindya Citra Nur Utami & Santoso Tri Raharjo,”Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja”, Jurnal Pekerjaan Sosial. Volume, 4. No, 1 Juli 2021

Ahmad Susanto, Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-kanak, Jakarta : Kencana, 2015.

Amita Dianda, “Psikologi Remaja Dan Permasalahannya”, Jurnal Istighna, vol. 1, No, 1, Januari 2018.

Astiwi Kurniati, Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Dalam Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan dan Artikel Pendidikan , 2017.

Hasnil Aida & Khairat Manurung, Patologi Sosial & Pendidikan Islam Keluarga, Surabaya : Scopindo Media Pustaka, 2019.

Inda Fuji Lestari dkk, Model Pencegahan Kenakalan Remaja Dengan Pendidikan Agama Islam, Indramayu: Penerbit Adab, 2021.

Jamaluddin dkk, “Bimbingan Orangtua Dalam Mengembangkan Kepribadian anak”, Atthular Islamic Religion Teaching & Learning Journal, Volume, 4. No, 2 tahun 2019.

Rahminur Diadha,” Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak”, Edusentris Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume, 2. No, 1 Maret 2015.

Samuel Sabat, “Studi Kasus Faktor-faktor Penyebab dan Upaya Mengatasi Kenakalan Remaja Kelas XI SMA Negeri 6 Kupang”, Catra Nusantara. Volume, 19. No, 1 April 2021.

Sri Wahyuni, Psikologi Remaja Penanggulangan Kenakalan Remaja, Luwuk Banggai: Pustaka Star’s LUB, 2021.

Surbakti, Kenakalan Orangtua Penyebab Kenakalan Remaja, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.

Wawancara pribadi dengan guru BK SMA Negeri 01 Kualuh Hilir 10 Desember 2021.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.5958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats