Hubungan antara Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru SD Metta Maitreya Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja guru SD Metta Maitreya masih tergolong belum professional, dipeorleh nilai di bawah KKM, dan kurangnya komitmen organisasi guru terhadap sekolah, serta kurangnya tanggungjawab guru dalam bekerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisasi dan budaya organisasi dengan kinerja guru SD Metta Maitreya Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah 24 guru SD Metta Maitreya Pekanbaru sehingga sampelnya 24 orang. Instrumen pengumpulan data berbentuk kuisioner atau angket. Angket kinerja, komitmen organisasi, dan budaya organisasi sudah diuji validitas dan reliabilitas. Pengujian normalitas data dilakukan dengan uji Kolmogorov Smirnov. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda dengan menggunakan taraf α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Komitmen Organisasi (X1) dan Budaya Organisasi (X2) dengan Kinerja Guru (Y) secara bersama-sama dengan persamaan regresi Y ̂ = 81,388 + 0,295X1 + 0,466X2, koefesien korelasi sebesar 0,570. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kinerja, komitmen organisasi dan budaya organisasi SD Metta Maitreya Pekanbaru. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dapat ditingkatkan melalui peningkatan komitmen organisasi dan budaya organisasi secara simultan.