Pengaruh Model Make A Match Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Muatan Materi PPKn Kelas IV SDN 26 Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap minat belajar peserta didik pada muatan materi kelas IV SDN 26 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent control group desain. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus atau sampling total. Jumlah keseluruhan sampel adalah 82 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket minat belajar peserta didik, angket digunakan untuk data minat belajar peserta didik yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitas yang berupa pretest dan posttest. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji lanjutan dengan uji effect size. Berdasarkan data minat belajar yang dianalisis menggunakan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 2.957 sedangkan ttabel sebesar 1.990 pada taraf kepercayaan 5% (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Uji lanjutan dalam penelitian ini menggunakan rumus effect size Cohen’s d dengan hasil0,781 > 0,6 yang berarti bahwa pengaruh model pembelajaran make a match terhadap minat belajar termasuk dalam kategori besar berdasarkan klasifikasi effect size.