Problematika Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Kelas V SDN 22 Cakranegara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi danĀ  mendeskripsikan problematika dan problem dominan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis daring pada masa pandemic covid-19 di kelas V SDN 22 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN 22 Cakranegara. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas 5 SDN 22 Cakranegara. Teknik Pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification/conclusion (verifikasi/penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika dalam pembelajaran matematika berbasis daring yaitu: mahalnya kuota internet, gawai yang memorinya tidak mendukung, kurang fokusnya belajar di rumah, sulitnya memahami materi matematika, dan kurang mandirinya siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Problem dominan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis daring pada masa pandemic covid-19 yaitu pada kendala teknis, siswa sering mengalami kehabisan kuota dan tidak mempunyai hp sendiri. Pada kendala proses pembelajaran, siswa juga mengalami beberapa masalah atau kendala diantaranya penjelasan guru yang sulit dipahami, kurang minat dan motivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa merasa bosan ketika pembelajaran dimulai. Serta kendala eksternal berupa kesulitan ekonomi keluarga yang membuat siswa susah membeli kuota intenet.