INFLASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH: PENDEKATAN KEUANGAN FISKAL DAN MONETER

Fitra Azkiya Firdiansyah

Abstract


Penelitian ini mencoba menganalisa persoalan inflasi dalam perpektif islam dalam area Pendekatan Keuangan Fiskal Dan Moneter. Sejauh ini inflasi selalu menjadi ukurang yang digunakan dalam berbagai indikator kemajuan perekonomian suatu negara, Maka dari itu Pentingnya dalam memahami Penjabaran Inflasi dalam islam serta mengontrolnya. Penelitian ini bersifat kualitatif merupakan jenis penelitian studi pustaka (library research). Sumber data serta hasil penelitian berupa deskripsi. Hasil Analisis menunjukkan Biaya pendanaan hanya menjadi faktor penekan pergerakan moneter, sehingga yang dibutuhkan adalah mendorong pengembangan kawasan asli dengan kerangka pembagian manfaat daripada biaya pinjaman. Karena dalam skala besar, permintaan moneter masyarakat umum yang dijunjung kerangka Ribawi tidak akan pernah sempurna


Keywords


Inlfasi, Keuangan Fiskal, Moneter, Ekonomi Makro

References


Amanah, T. “Pengaruh Produk Domestik Bruto, Inflasi, Bi Rate, Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pembiayaan Bermasalah Dalam Perspektif Ekonomi Islam.†Raden Intan Repository, 2019.

Awaluddin, A. “Inflasi Dalam Prespektif Islam (Analisis Terhadap Pemikiran AL-Maqridzi). JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 16 (2), 197,†2017.

———. “Inflasi Dalam Prespektif Islam (Analisis Terhadap Pemikiran Al-Maqrizi).†JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah) (2017). http://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/Juris/article/view/973.

Departemen Agama RI. Al Quran Dan Terjemahan, 2020.

Firdiansyah, F A, A Rosidi, and ... “IMPLEMENTATION OF GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT IN HALAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT-A CONCEPTUAL MODEL.†… Jurnal Ekonomi Islam (2021). https://journal.islamiconomic.or.id/index.php/ijei/article/view/257.

FITRIANSYAH, R. … Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Dan Inflasi Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kota Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2008-2015. repository.radenintan.ac.id, 2017. http://repository.radenintan.ac.id/1208/1/2._Abstrak.pdf.

Parakassi, I. “Inflasi Dalam Perspektif Islam.†Laa Maisyir: Jurnal Ekonomi Islam (2018). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lamaisyir/article/view/4420.

Puspita, R. “Inflasi Dan Keseimbangan Pasar Barang Dalam Konsep Ekonomi Islam. Magister Sains Ekonomi Islam. Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga …,†2016.

Salam, W R. “Inflasi Ditengah Pandemi Dalam Perspektif Islam.†Jurnal Syntax Transformation (2020). http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/72.

Sari, N. “… TINGKAT INFLASI DAN PENGANGGURAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ….†repository.radenintan.ac.id, 2020. http://repository.radenintan.ac.id/11244/1/COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: cv. Alfabeta, 2017.

Syakir, A. “Inflasi Dalam Pandangan Islam.†Jurnal S3 IEF Trisakti Intake. academia.edu, 2015. https://www.academia.edu/download/44873656/inflasi_dalam_islam.pdf.

Wahyuni, A T, and A Ns. “Pengaruh PDRB, Tingkat Inflasi Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dalam Prespektif Ekonomi Islam.†Lampung, 2017.

Yulianti, R, and K Khairuna. “Pengaruh Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Aceh Periode 2015-2018 Dalam Prespektif Ekonomi Islam.†Jurnal Akuntansi Muhammadiyah … (2019). http://www.ejournal.unmuha.ac.id/index.php/JAM/article/view/682.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/assyarikah.v2i1.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.