PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN NURUL HUDA)

Lutfiah Hasanah

Abstract


Percaya diri sangatlah penting dalam menjalani kehidupan, kepercayaan diri merupakan sikap mental seorang dalam menilai diri maupun objek yang ada disekitarnya. Sehingga orang tersebut juga memiliki keyakinan dan kemampuan diri dalam melakukan sesuatu. Orang yang memiliki rasa percaya diri  atau juga yakin atas dirinya akan memiliki harapan yang realistis, bahkan jika harapannya tidak sesuai makan ia akan selalu berfikir positif  dan ia dapat menerimanya. Pentinya pemahaman mengenai kepercayaan diri khususnya  pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda yang mana kepercayaan diri sangat dibutuhkan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini menunjukan perlu adanya upaya guru atau konselor  untuk melakukan pengembangan praktik pelayanan bimbingan dan konseling  untuk meningkatkan kualitas atau potensi santri  dalam meningkatkan kepercayaan diri dan faktor faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri santri sehingga munculnya rasa tidak percaya diri yang membuatnya menarik diri dengan lingkungan.


References


Adywibowo, I, P. (2010) Memperkuat kepercayaan diri anak melalui percakapan referensial. Jurnal Pendidikan Penabur, 15(9),37-39

Azam, U. (2016). Konseling dan Konseling Perkembangan di Sekolah (Teori dan Praktik). Yogyakarta : Deepublish.

Boong, M. (2002) Predictive Utility Of Subject-, Task-,and Problem-Specific Self-Efficacy Judgments for immediate and Delayed Acaademic Perfomances. The Journal Of Experimental Education 70(2),133-162 http://doi.org/10.1080/002209702095995.3.

Farida, N.I. 2014. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Remaja Putri yang Mengalami Pubertas Awal Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing di Kelas VII SMPN 13 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Semarang.

Prayitno,dkk.1977. Seri pemandu layanan bimbingan dan konseling di sekolah II, sekolah lanjut tingkat pertama (SLTP). Padang . BK FIP UNP

Rohayati, I. 2011. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal UPI, Edisi Khusus (1).

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i1.3409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.