UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIFITAS DAN KETERAMPILAN DALAM MENUNJANG KARIR SISWA SMA DI SLB G DAYA ANANDA

Nurhasanah Nurhasanah, Nurus Sa'adah, Gusmira Wita

Abstract


Manusia tidak terlepas dari yang namanya karir begitu juga untuk individu yang memiliki keterbatasan khusus, namun terkadang dalam dunia kerja seringkali anak berkebutuhan khusus dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana cara mengembangkan kreatifitas dan keterampilan anak berkebutuhan khusus di SLB-G Daya Ananda dalam menunjang karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Informan pada penelitian ini ialah seluruh siswa SMA di SLB-G Daya Ananda dengan jumlah 12 orang siswa serta 1 orang guru kelas yang mengelola galeri hasil karya siswa. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa cara meningkatkan kreativitas dan keterampilan ABK di SLB-G Daya Ananda adalah dengan cara mengajarkan mereka beberapa kegiatan berupa menjahit, melukis, mewarnai, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Nantinya, hasil dari karya yang telah mereka buat akan di letakkan di galeri khusus supaya bisa dibeli oleh donatur-donatur yang datang, selain itu juga akan dipromosikan oleh guru-guru serta akan dijual di dalam acara-acara expo.


References


Aulia, F. (2016). Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Darmayanti, Merlina. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Pada Anak Tunagrahita Kategori Ringan di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman

Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita (Suatu pengantar dalam pendidikan inklusi). Bandung: PT Refika Aditama.

Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Fadli, R. P., Mudjiran, M., Ifdil, I., & Amalianita, B. (2019). Peluang dan tantangan bimbingan karir di sekolah menengah kejuruan pada era revolusi industri 4.0. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 102-108. http://dx.doi.org/10.29210/120192395

Hadis, A. (2006). Pendidikan anak berkebutuhan khusus autistik. Bandung: Alfabeta.

https://nasional.tempo.co/read/854623/wagub-jawa-barat-tumbuhkan-kreativitas-dan-keterampilan-abk

Jannah, M., & Darmawanti, I. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.

Kamaruddin, K. (2019). Bimbingan Karir Terhadap Anak Tuna Netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Pinrang. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 1(1), 56-76.

Miles Morgan Australia (Firm). (2012). Effective career development services for young people (15-24) with disability. Melbourne, Victoria; CICA http://hdl.voced.edu.au/10707/219324

Nurbayani, S., Yuliasma, Y., & Asriati, A. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Sendratasik, 6(1), 18-27. https://doi.org/10.24036/jsu.v6i1.8687

Priambodo, A. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Permainan Kartu Karir Terhadap Sikap Pilihan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 34-39. https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i3.17009

Setiawaty, T. (2018). Bimbingan karir melalui kegiatan keterampilan dalam meningkatkan kemandirian warga inaan: penelitian telaah bimbingan agama di Lembaga Permasyrakatan Wanita Kelas II A Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Supriyanto, S. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspiras Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-177.

Syarqawi, A. (2019). Bimbingan dan Konseling Karir bagi Anak Penyandang Disability. AL-IRSYAD, 8(1).

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program : Pengembangan Sumber Daya Manusia Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yuniatari, Y. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 136-143. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.117


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i1.3423

Refbacks



Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.