KONSELING PENGASUH TERHADAP SANTRI DALAM MENGATASI BULLYING DI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

Muhammad Izzul Islam An Najmi, Casmini Casmini, Nurus Sa'adah

Abstract


Bimbingan dan Konseling Pengasuh di sebuah Pondok Pesantren, yang notabene peran Kyai hampir sama dengan apa yang menjadi kegiatan Bimbingan dan Konseling. Pesantren adalah sebuah Lingkungan pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Pesantren adalah lembaga pendidikan yang mempunyai kekhasan tersendiri dan berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Berbagai kenakalan remaja yang ada di sebuah Pondok Pesantren tidak kalah berbahayanya dengan kenakalan remaja yang ada di dalam sebuah lembaga pendidikan lainnya. Bullying yang terjadi di lingkungan pesantren cukup memprihatinkan mengingat selama ini peranan pondok pesantren telah berhasil memberikan kontribusi pada pembangunan moral dan nilai-nilai keagamaan di masyarakat. maka kehadiran Pesantren adalah berperan sebagai BK dan menjadi penting karena membantu anak atau santri berkembang dari aspek sosial, spiritual, dan psikomotorik. maka ekstensi pondok pesantren akan lebih disorot. Kerangka Teori menggunakan Teori Analisis Transaksional (AT) dan Teori Behavior. Penelitian ini memadukan penelitiaan lapangan (field research) dan kepustakaan (library Research). Dalam penelitian ini analisa data yang digunakan dengan metode deskriptif analisis. dipakai untuk menjawab persoalan yang diajukan dalam penelitian


References


Aini, Luluk Nur. (2021). Pendekatan Behavioral pada Santri untuk Menangani dampak Bullying di Pondok Pesantren Thoriqul Huda. Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah IAIN Ponorogo. Proceeding of The 1st Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era (FICOSIS) Vol 1.

Farhan & Aziah. (2019). Upaya wali Asuh pada Peserta Asuh Mengatasi Bullying di Pesantren Nurul Jadid perspektif Komunikasi Persuasif. BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 4 Nomor 1.

Haedari, Amin & hanif, Abdullah. (2004). Masa depan pesantren dalam tantangan modernitas dan tantangan kompleksitas global. Jakarta : IRD Press.

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon : Nurjati Press IAIN Syekh Nurjati.

Moleong, J. Lexy. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib, Abdul. (2006). Kepribadian Dalan Psikologi Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo.

Musyarofah, Faizatul & Juandi, Wawan. (2021). Meningkatkan Self Esteem Korban Bullying melalui Teknik Assertive Training. MADDAH : Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, Vol. 3, No. 2.

Purnomo, Hadi. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta : Bildung Pustaka Utama (CV. Bildung Nusantara).

Rahmawati, Ruchaini Fitri. (2016). Konseling Budaya Pesantren (Studi Deskriptif Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling Bagi Santri Baru). Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 7, No. 1.

Setyawan, David Ari. (2018). Layanan Konseling Islam untuk Santri yang Mengalami masalah kemandirian Belajar Pondok Pesantren Ngunut Tulungagung JURNAL AT-TAUJIH : Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 1 No. 2.

Sofyan, Nurul Hikmah. (2019). Bullying di Pesantren Interaksi Tasawuf dan Teori Pengembangan Fitrah dalam Pendidikan Islam. Journal of Islamic Studies and Humanities Vol. 4, No. 1.

Shodiq, Muhammad. (2011). Pesantren dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 1, No.1

Tim Sejarah Bahrul Ulum. (2017). Tambakberas : Menelisik Sejarah Memetik Uswah. Jombang : Pustaka Bahrul Ulum.

Wibisono, Dermawan. (2013). Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wawancara dengan Nisful Lailah, Guru Konseling di Lingkungan Pendidikan Formal Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Di Jombang, 12 Oktober 2021.

Wawancara dengan Abdul Qohir, Pengurus atau Ustadz di Pondok pesantren Bahrul Ulum, Di Jombang, 15 Oktober 2021.

Wawancara dengan Nabriz Aqda, salah satu Pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum, Di Jombang, 15 Oktober 2021.

Wawancara dengan Azam Choiruman, Ketua I Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Di Jombang, 16 Oktober 2021.

Wawancara dengan Marno, Wali santri, Di Jombang, 18 Oktober 2021.

Yani, Athi’ Linda, Dkk. (2016). Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pada Kesehatan Jiwa Remaja Di Pesantren. Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. 4 No. 2.

Zamarkhasyi, Dhofier. (1985). Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i1.3426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.