ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 KEBAYAKAN

Authors

  • Putri Wulan Dhari IAIN Takengon, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37249/assalam.v5i2.298

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penguatan pendidikan karakter (PPK) di SDN 9 Kebayakan serta menganalisis relevansi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 9 Kebayakan. Pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh melalui kepala sekolah, guru, dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada lima nilai karakter utama yang saling bertalian yang dianalisis penerapannya, yaitu religius, integritas, nasionalis, gotong royong, dan mandiri. Hasil penelitian menunjukkan SDN 9 Kebayakan telah menerapkan PPK hanya dalam kegiatan intrakurikuler yang diintegrasikan melalui berbagai mata pelajaran dan kegiatan rutin harian. Nilai religius dan nilai mandiri adalah nilai yang paling banyak diterapkan. Sebaliknya, nilai gotong royong adalah karakter yang implementasinya paling sedikit. Pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terlihat melalui empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pendidikan karakter dalam empat keterampilan ini saling terintegrasi satu sama lain dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.

https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dahliyana, A., Rizal, A. S., & Nurdin, E. S. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Umum Menurut Kajian Teori Kritis Jurgen Hubermas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 90–99.

https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.39107

Darna, I. W. (2019). Peningkatan Kualitas Karakter Anak melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada IV): Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar, 59–68.

Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/view/247

Dhari, P. W. (2021). Psikolinguistik Pendidikan. In Andayani (Ed.), Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Helminsyah, Subhananto, A., & Yana, S. (2019). Analisis Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 236–250.

Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/962

Kemdikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menegah Pertama. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, pp. 1–90. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Retrieved from https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1198

Lickona, T. (2013). Educating for Character. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahmud, E. Z. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Global: Kajian Makna. Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 725–734.

Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4962

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 90–101.

https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92–104.

https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79–86.

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0

Rahmadani, J. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Berbasis Tematik di SDN Sumbersari 2 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(23), 1–14.

Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6986

Riza, M. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 73–82.

Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/46

Roslaini. (2019). Peran Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius di MTs Mambaul Ulum Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 3(2), 38–47.

https://doi.org/https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i2.130

Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Eduscience, 4(2), 74–80.

Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/2734

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 311–330.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, (November), 230–239.

Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPI-UPSI/2010/Book_2/.PDF

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51.

https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i4

Yusmarti, R. (2017). Konsep Pendidikan karakter Terpadu pada Mata Pelajaran Sains. Jurnal As-Salam, 1(2), 55–64.

Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/85/77

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Dhari, P. W. (2021). ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 KEBAYAKAN. Jurnal As-Salam, 5(2), 141–152. https://doi.org/10.37249/assalam.v5i2.298