ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 KEBAYAKAN
DOI:
https://doi.org/10.37249/assalam.v5i2.298Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penguatan pendidikan karakter (PPK) di SDN 9 Kebayakan serta menganalisis relevansi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 9 Kebayakan. Pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh melalui kepala sekolah, guru, dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada lima nilai karakter utama yang saling bertalian yang dianalisis penerapannya, yaitu religius, integritas, nasionalis, gotong royong, dan mandiri. Hasil penelitian menunjukkan SDN 9 Kebayakan telah menerapkan PPK hanya dalam kegiatan intrakurikuler yang diintegrasikan melalui berbagai mata pelajaran dan kegiatan rutin harian. Nilai religius dan nilai mandiri adalah nilai yang paling banyak diterapkan. Sebaliknya, nilai gotong royong adalah karakter yang implementasinya paling sedikit. Pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terlihat melalui empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pendidikan karakter dalam empat keterampilan ini saling terintegrasi satu sama lain dalam pembelajaran.
Downloads
References
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.
https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
Dahliyana, A., Rizal, A. S., & Nurdin, E. S. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Umum Menurut Kajian Teori Kritis Jurgen Hubermas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 90–99.
https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.39107
Darna, I. W. (2019). Peningkatan Kualitas Karakter Anak melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada IV): Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar, 59–68.
Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/view/247
Dhari, P. W. (2021). Psikolinguistik Pendidikan. In Andayani (Ed.), Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Helminsyah, Subhananto, A., & Yana, S. (2019). Analisis Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 236–250.
Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/962
Kemdikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menegah Pertama. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, pp. 1–90. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.
Retrieved from https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1198
Lickona, T. (2013). Educating for Character. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahmud, E. Z. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Global: Kajian Makna. Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 725–734.
Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4962
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 90–101.
https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.
Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92–104.
https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373
Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79–86.
https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0
Rahmadani, J. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Berbasis Tematik di SDN Sumbersari 2 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(23), 1–14.
Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6986
Riza, M. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 73–82.
Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/46
Roslaini. (2019). Peran Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius di MTs Mambaul Ulum Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 3(2), 38–47.
https://doi.org/https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i2.130
Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Eduscience, 4(2), 74–80.
Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/2734
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 311–330.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756
Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, (November), 230–239.
Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPI-UPSI/2010/Book_2/.PDF
Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51.
https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i4
Yusmarti, R. (2017). Konsep Pendidikan karakter Terpadu pada Mata Pelajaran Sains. Jurnal As-Salam, 1(2), 55–64.
Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/85/77
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Putri Wulan Dhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.