Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Authors

  • Salsa Billa Zulmi Zettira Universitas Amikom Purwokerto
  • Nur Asysyifa Febrianti Universitas Amikom Purwokerto
  • Zhafira Atika Anggraini Universitas Amikom Purwokerto
  • Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo Universitas Amikom Purwokerto
  • Eka Tripustikasari Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524

Keywords:

aplikasi Canva, Branding UMKM, media promosi

Abstract

Promosi menjadi strategi komunikasi kepada calon konsumen agar produk tersampaikan secara tepat sasaran sehingga banyak pihak tertarik. Untuk membuat desain iklan interaktif diperlukan aplikasi Canva platform desain online yang menawarkan berbagai alat untuk presentasi, resume, poster, brosur, booklet, grafik, infografis, banner, dan lain sebagainya. Selain itu, Canva juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya desain yang beragam dan menarik, sehingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menentukan dan meningkatkan kreativitas konten promosi yang digunakan. Berdasarkan observasi, Owner sudah membuat branding dan packaging produk namun belum memiliki keterampilan desain yang dapat memberikan informasi produk karena belum memenuhi teori komunikasi penjualan. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan adalah mengadakan pelatihan aplikasi Canva. Aplikasi yang digunakna untuk desain grafis sehingga mampu menjembatani pengguna agar mudah dalam mendesain dengan berbagai jenis materi kreatif secara online. Inti kegiatan pelatihan untuk menghasilkan banyak gagasan kemudian menghasilkan desain baru yang menjadi keunikan setiap produk UMKM dengan mengembangkan gagasan produk. Akhir kegiatan menghasilkan fluency, flexibility, originality, dan elaboratif yang berinovasi terkait logo, desain kemasan, sampul media promosi yang lebih menarik dengan kombinasi warna yang tidak terlihat kontras dan memiliki ciri khas produk yang prograsif naik sebelum menggunakan aplikasi Canva dan setelah mengikuti pelatihan minimal 85% sampai dengan 95%.

References

Arifin, A. N., Ismail, I., Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva sebagai Strategi untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, pp. 468-472.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 13(1), 8-16. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98-106. http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5849

Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan" Sub Aquatic" Sebagai Strategi Digital Marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 795-801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393

Maulidasari, C. D., & Damrus, D. D. (2021). Dampak Promosi Produk pada Pemasaran Online. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 137-142. https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3464

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.

Rosandi, S., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh citra merek dan desain kemasan terhadap minat beli konsumen pada produk susu Ultra (studi pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(2), 1-16.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. FORDICATE, 1(2), 192-199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418

Wulantyha, U., Warouw, D., & Tulung, L. (2015). Fungsi Promosi dalam Meningkatkan Daya Beli Gadget Samsung di Kota Manado. Acta Diurna, 4(5), 1-12.

Downloads

Published

2022-10-17