Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Abstract

Promosi menjadi strategi komunikasi kepada calon konsumen agar produk tersampaikan secara tepat sasaran sehingga banyak pihak tertarik. Untuk membuat desain iklan interaktif diperlukan aplikasi Canva platform desain online yang menawarkan berbagai alat untuk presentasi, resume, poster, brosur, booklet, grafik, infografis, banner, dan lain sebagainya. Selain itu, Canva juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya desain yang beragam dan menarik, sehingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menentukan dan meningkatkan kreativitas konten promosi yang digunakan. Berdasarkan observasi, Owner sudah membuat branding dan packaging produk namun belum memiliki keterampilan desain yang dapat memberikan informasi produk karena belum memenuhi teori komunikasi penjualan. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan adalah mengadakan pelatihan aplikasi Canva. Aplikasi yang digunakna untuk desain grafis sehingga mampu menjembatani pengguna agar mudah dalam mendesain dengan berbagai jenis materi kreatif secara online. Inti kegiatan pelatihan untuk menghasilkan banyak gagasan kemudian menghasilkan desain baru yang menjadi keunikan setiap produk UMKM dengan mengembangkan gagasan produk. Akhir kegiatan menghasilkan fluency, flexibility, originality, dan elaboratif yang berinovasi terkait logo, desain kemasan, sampul media promosi yang lebih menarik dengan kombinasi warna yang tidak terlihat kontras dan memiliki ciri khas produk yang prograsif naik sebelum menggunakan aplikasi Canva dan setelah mengikuti pelatihan minimal 85% sampai dengan 95%.