Strategi Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Hemat pada Anak Sejak Usia Dini

Main Article Content

Andi Aslindah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya orang tua dalam menanamkan karakter hemat pada anak sejak dini. Penelitian  ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan lewat wawancara dengan subyek penelitian sebanyak 4 orang tua yang memilki anak usia 3-7 tahun sebagai responden. Untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi agar data penelitian yang didapat dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Hasil dari penelitian ini yang didapat melalui metode wawancara didapatkan beberapa strategi yang dilakukan orang tua dalam menanamkan karakter hemat pada anak sejak usia dini yaitu : orang tua menjadi contoh dan teladan yag baik. Orang tua melatih dan membiasakan anak untuk menabung. Orang tua mengajari anak untuk membedakan keinginan dan kebutuhan, orang tua menjauhkan anak dari sikap manja, orang tua melakukan aktivitas belanja hemat bersama anak, orang tua mengajarkan anak untuk selalu berbagi dan bersyukur, dan orang tua menjelaskan bahwa hemat itu mencakup banyak hal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aslindah, A. (2022). Strategi Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Hemat pada Anak Sejak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 19-30. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.118
Section
Articles

References

A. D. Anggraeni, “Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok),” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 2, p. 28, Sep. 2017, doi: 10.24235/awlady.v3i2.1529.

W. Dozan and L. Fitriani, “Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, Jul. 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i1.2.

N. Nurdin, J. Jahada, and L. Anhusadar, “Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 952–959, Jul. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1603.

S. Sudaryanti, “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 1, p. 49, Feb. 2015, doi: 10.21831/jpa.v1i1.2902.

L. Fitriyani, “Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak,” Lentera, vol. 18, no. 1, pp. 93–110, 2015, doi: 10.21093/lj.v17i1.431.

A. Siti Sholichah and D. Ayuningrum, “Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, Dec. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.41.

M. Shaleh, B. Batmang, and L. Anhusadar, “Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4726–4734, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2742.

N. Anisyah, Indrawati, L. Hafizotun, S. Marwah, V. Yumarni, and N. Annisa DN, “Orang Tua Kreatif untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Parenting,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, no. 1, pp. 34–43, Mar. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i1.26.

P. Rachmadyanti, “Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 2, p. 201, Sep. 2017, doi: 10.30870/jpsd.v3i2.2140.

E. Wati and M. Solihin, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Santun Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan di Raudhatul Athfal Nurul Islam Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo,” ALAYYA J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 55–95, May 2022, doi: 10.51311/alayya.v2i1.408.

Y. N. Febianti, “Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif,” Edunomic J. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 2, p. 93, Oct. 2018, doi: 10.33603/ejpe.v6i2.1445.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” HUMANIKA, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, Apr. 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

N. Nasiruddin, “Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua,” J. Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 232–333, Nov. 2018, doi: 10.24090/jk.v6i2.1933.

E. N. Junita and L. Anhusadar, “Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun,” Yaa Bunayya J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 57–63, 2021, doi: 10.24853/yby.v5i2.11002.

B. Budianto, “Gerakan Gemar Menabung untuk Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 59–67, Mar. 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i1.3113.

S. Rapih, “Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 6, no. 2, p. 14, May 2016, doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28.

I. F. Muslim and S. Ranam, “Pendidikan Kedisiplinan di Pondok Pesantren El Alamia untuk Menanggulangi Degradasi Moral,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, p. 102, Oct. 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7325.

H. Sirine and D. S. Utami, “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 18, no. 1, p. 27, Aug. 2016, doi: 10.24914/jeb.v19i1.479.

I. P. Handayani and H. Hasrul, “Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, Sep. 2021, doi: 10.21831/jppfa.v9i1.42455.

Q. Ayun, “Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 5, no. 1, p. 102, Oct. 2017, doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421.

M. Turmudi, “Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Islam. J. Pemikir. Islam, pp. 37–56, 2017, doi: 10.30595/islamadina.v0i0.1528.

I. Musbikin and others, Tentang Pendidikan Karakter dan Religius Dasar Pembentukan Karakter. Nusamedia, 2021.

G. Sonia and N. C. Apsari, “Pola Asuh yang Berbeda-Beda dan Dampaknya terhadap Perkembangan Kepribadian Anak,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 1, p. 128, Jul. 2020, doi: 10.24198/jppm.v7i1.27453.

P. W. Ningrum, N. D. P. Sari, C. Wasitaningsih, and E. Astuti, “Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin,” in SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2022, vol. 1, no. 1, pp. 351–361.

R. Rosikum, “Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga,” J. Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 293–308, Nov. 2018, doi: 10.24090/jk.v6i2.1910.